Workshop GREEN & CLEAN ON WASTE & WATER 2013

Posted by Unknown Wednesday 5 June 2013 1 comments
Green & Clean on Waste & Water 2013 merupakan program kemitraan yang diinisiasi oleh Yayasan Unilever Indonesia sebagai kelanjutan program Green & Green yang telah berhasil dilaksanakan sebelumnya. Dalam pelaksanaannya di Kota Denpasar, Lembaga Bali Wastu Lestari kembali berkesempatan dipercaya untuk menerima tantangan program tersebut.

Sebagai ibukota Provinsi Bali, Kota Denpasar secara administrasi terdiri dari 4 Kecamatan, 43 Desa/kelurahan, dengan 209 Dusun. Berdasarkan kearifan local Kota Denpasar terdiri dari 35 Desa Pekraman dengan 460 Banjar Adat. Semuanya memiliki fasilitas yang dibutuhkan masyarakat hal ini menjadi daya tarik kuat seluruh lapisan masyarakat dari berbagai daerah untuk datang dan tinggal, sehingga jumlah penduduk Kota Denpasar meningkat tajam menjadi 629.588 Jiwa pada tahun 2011. Jumlah lahan kota yang terbatas tidak menghalangi arus urbanisasi dengan tujuan tinggal, menyebabkan makin kompleksnya permasalahan yang timbul di kota ini. Diantaranya adalah masalah sampah dan air bersih. Permasalahan sampah dan air bersih merupakan masalah yang dialami sebagian besar wilayah di Indonesia. Tentunya semua berawal dari semakin besarnya jumlah penduduk, alih fungsi lahan, yang belum mampu membendung kebutuhan dan gaya hidup manusia yang tidak menyadari pentingnya kelestarian lingkungan. Hingga saat ini belum ada yang mampu menyelesaikan secara tuntas permasalahan sampah. Oleh karena itu yang bisa kita lakukan adalah mengambil tanggungjawab pribadi untuk menangani sampah yang kita hasilkan masing-masing.

Bank Sampah merupakan bentuk solusi untuk memotivasi masyarakat mengambil manfaat dari sampah. Bank sampah mengajak warga memilah sampah menurut jenisnya sehingga memiliki nilai ekonomi yang bisa ditabung atau diuangkan, usaha ini merupakan tindakan nyata mengubah pandangan terhadap sampah sebagai penghasil manfaat juga dapat menghijaukan kembali bumi pertiwi. Nasabah Bank Sampah merupakan indicator untuk melihat sejauh mana kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan, mereka adalah kader penggerak yang secara langsung mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka untuk bersama mengelola sampah, juga melakukan edukasi penghematan air melalui tindakan nyata dalam rutinitas keseharian mereka.

Selama menjalankan tugasnya sebagai pelaksana program green & clean dari September hingga Desember 2012. Bali Wastu Lestari telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak sehingga berhasil membangun kader-kader/fasilitator lingkungan, yang telah berjuang bersama team BWL membangun Bank Sampah sekaligus mensosialisasikan manfaat sampah. Melalui kerjasama yang baik respon warga masyarakat sangat baik, hal ini dilihat dari perkembangan yang dialami oleh semua bank sampah. Namun tentu saja masih banyak hal yang perlu dibenahi untuk mengatasi tantangan yang masih menjadi kendala. Dari total 630 ribu jiwa penduduk Kota Denpasar baru sekitar 900 jiwa yang tergabung sebagai nasabah sekaligus kader Bank Sampah. Yang dilayani oleh beberapa unit BS yang ada. Oleh karena itu sangat penting dilakukan pengembangan melihat potensi penghasil sampah yang besar. 

Dalam mejalankan tugas program 2013 Lembaga Bali Wastu Lestari bersama Sekaa Bank Sampah Kota Denpasar memfokuskan program di wilayah Kota Denpasar. Sebagai sebuah Kota, Denpasar mengalami eksploitasi besar-besaran terhadap lingkungannya, permasalahan sampah, alih fungsi lahan hijau menjadi pemukiman seolah tidak terbendung. Bahkan menurut penelitian sejak tahun 1995 Kementrian Lingkungan Hidup memprediksi Bali akan mengalami deficit air sebanyak 1 miliar meter kubik/tahun dan akan terus meningkat hingga mencapai sekitar 27,6 miliar meter kubik pada tahun 2015. Pada saat tersebut juga diprediksi Bali akan mengalami kekurangan air bersih mencapai 1.500 liter per detik. Parahnya lagi intrusi air laut di bagian selatan Pulau Bali tepatnya di bagian selatan Kota Denpasar telah mencapai 5 kilometer dari batas pantai. Hal ini berarti kelangsungan hidup terancam jika tidak segera dilakukan aktivitas nyata sebagai wujud penyelamatan lingkungan di Bali khususnya di wilayah Kota Denpasar. Pengelolaan TPA Suwung juga semakin tidak jelas. Seringkali terjadi antrean panjang truk-truk sampah di TPA, akibatnya tumpukan sampah di TPS, tempat umum terlambat diangkut menimbulkan masalah tersendiri bagi warga sekitarnya.

Berdasarkan fakta yang telah ataupun diprediksi terjadi pada alam Bali, Lembaga Bali Wastu Lestari bersama Sekaa Bank Sampah Kota Denpasar bersyukur pihak Yayasan Unilever Indonesia berkenan melanjutkan program di Kota Denpasar. Tentu saja kerjasama ini sangat diharapkan mampu sebagai landasan kuat dan motor penggerak melakukan edukasi melalui penyadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah dari sumbernya dan tindakan penghematan air bersih dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu BWL, Sekaa Bank Sampah bersama Pemerintah Kota Denpasar, menyambut baik program green and clean on waste and water dari YUI. Dengan menggerakkan semangat gotong-royong sistem Banjar yang sudah tercipta dalam kultur masyarakat Bali khususnya Denpasar. Terus dibina, dijaga, dan dilakukan pendampingan secara berkelanjutan sehingga mampu berkembang untuk mendukung proses penyelesaian masalah lingkungan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Workshop GREEN & CLEAN ON WASTE & WATER 2013
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://baliwastulestari.blogspot.com/2013/06/workshop-green-clean-on-waste-water-2013.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Unknown said...

Kami mencari rekanan yang mau suplay Kertas semen bekas ke tempat kami di Wringinanom-Gresik Jawa Timur, kriteria yang kami cari:
1. Kertas kering
2. Bersih dari sampah
3. Bebas dari plastik, laminasi, benang dan minyak/oli
4. Kertas Semen bekas kupasan noblen mau asalkan Kering, bersih dari Noblen/Plastik/benang dan noda minyak.
5. Toleransi Kotor 10%
Kami terima di Wringinanom-Gresik dengan harga Rp. 3.900,-/ Kg. sistem pembayaran CASH/KONTAN/TIMBANG BAYAR.

Jika berminat Bisa Hubungi kami 0812 3267 5660 atau 0857 3300 7952.
Terima kasih.

Post a Comment

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Bali Wastu Lestari.