Workshop Bank Sampah

Posted by Unknown Tuesday 9 April 2013 2 comments
Lembaga Bali Wastu Lestari (BWL) bekerjasama dengan Yayasan Unilever Indonesia (YUI) menyelenggarakan workshop bertema Bank Sampah, mendapat apresiasi berbagai pihak, Universitas Mahendradatta Bali universitas tertua di Bali dan Nusa Tenggara dalam sambutan Wakil Rektor I (I Wayan Wisadnya) menyatakan sangat merespon baik program ini, sehingga bisa menjadi tuan rumah workshop tepatnya di Aula Kampus Universitas Mahendradatta, yang diikuti 103 peserta.

Workshop dibuka Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar I Ketut Wisada, yang melalui sambutannya menjelaskan kondisi persampahan di Kota Denpasar, dimana telah banyak usaha dan kebijakan yang diambil pihak Pemkot namun belum signifikan menekan angka timbulan sampah karena kurangnya kesadaran semua pihak untuk bekerjasama dan berperan aktif menangani sampah.

Sesuai tema, Bank Sampah merupakan salah satu solusi manajemen sampah yang berperan mengajak masyarakat mengambil manfaat dari sampah. Tugas Lembaga BWL dalam program Denpasar Hijau dan Bersih ini adalah bekerjasama dengan pihak terkait meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah berbasis masyarakat.

Ketua panitia workshop Ni Putu Puspawati, SE menuturkan acara tersebut bertujuan mengenalkan system bank sampah kepada calon fasilitator. Para peserta dengan antusias menyimak materi yang dikemas secara apik dan menarik oleh Ketut Suarnaya dari Bank Sampah Cahaya Partha Jaya.

Penanggung jawab program Denpasar Green & Clean 2012, Ni Wayan Riawati, SE, Msi, menyatakan pihak YUI berencana membentuk 10 Bank Sampah skala Banjar, akan tetapi mengingat Denpasar Utara sebagai pilot project mewilayahi 11 desa/lurah maka atas persetujuan tim YUI, tim BWL menetapkan akan membentuk 11 bank sampah. Tujuannya memberikan peluang dan hak yang sama kepada masing-masing desa/lurah. Terkecuali jika ada desa/lurah yang belum siap menerima program ini maka tim BWL akan mengalihkan jatah tersebut ke wilayah desa/lurah lainnya yang lebih siap.

Tugas tim BWL selanjutnya melakukan pendekatan dan pendampingan pada peserta workshop untuk mensosialisasikan ke desa/lurahnya masing-masing dan mulai pendampingan pembentukan bank sampah. Peserta yang berasal dari civitas akademika Universitas Mahendradatta yang berasal dari seluruh Bali juga menyatakan sangat mendukung dan ingin mengembangkan system bank sampah di daerah asalnya.

Workshop ditutup Bapak Lurah Peguyangan, I Wayan Yusswara dimana disampaikannya bahwa tugas menyadarkan masyarakat akan manfaat sampah merupakan tugas berat, terkait mindset masyarakat yang telah terbentuk sebelumnya. Banyak pro dan kontra yang harus dihadapi dengan senyum sabar. Intinya kita semua harus tetap saling mengingatkan bahwa menjaga lingkungan tetap hijau dan bersih itu adalah bagian dari iman dan yadnya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Workshop Bank Sampah
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://baliwastulestari.blogspot.com/2013/04/workshop-bank-sampah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

Unknown said...

Kami mencari rekanan yang mau suplay Kertas semen bekas ke tempat kami di Wringinanom-Gresik Jawa Timur, kriteria yang kami cari:
1. Kertas kering
2. Bersih dari sampah
3. Bebas dari plastik, laminasi, benang dan minyak/oli
4. Kertas Semen bekas kupasan noblen mau asalkan Kering, bersih dari Noblen/Plastik/benang dan noda minyak.
5. Toleransi Kotor 10%
Kami terima di Wringinanom-Gresik dengan harga Rp. 3.900,-/ Kg. sistem pembayaran CASH/KONTAN/TIMBANG BAYAR.

Jika berminat Bisa Hubungi kami 0812 3267 5660 atau 0857 3300 7952.
Terima kasih.

galeri pojokplastik said...

KAMI BELI LIMBAH PLASTIK ANDA DI
SELURUH INDONESIA
DENGAN HARGA TINGGI SERTA PEMBAYARAN
CASH / TUNAI

DAPATKAN FASILITAS MEMBER TANPA BIAYA KEANGGOTAAN BAHKAN BERKESEMPATAN MENDAPATKAN BANTUAN LIKUIDITAS

SEGERA HUBUNGI KAMI DI:

0812 9598 1587

galeripojokplastik.blogspot.co.id

Post a Comment

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Bali Wastu Lestari.